8 Cara Mengatasi HP Lemot Paling Ampuh Dan Cepat

1 min read

Cara Mengatasi HP Lemot

Cara mengatasi hp lemot –┬áPernah nggak sih lagi asyik-asyiknya main HP lalu HP tiba-tiba lemot? Atau setelah download aplikasi baru, HP jadi lemot? Pasti rasanya menyebalkan bahkan dapat mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

Saat ini, HP adalah kebutuhan utama. Di mana HP sebagai alat komunikasi hingga menjadi alat tempur untuk mencari pundi-pundi rupiah. Bisa dibayangkan kan, saat sedang butuh-butuhnya menggunakan HP, tapi alat tersebut tidak mendukung pekerjaan kita?

Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan HP menjadi lemot? Biasanya, HP lemot disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

  • Menginstall aplikasi yang tidak sesuai dengan kapasitas penyimpanan
  • Terlalu banyak aplikasi
  • Sistem operasi yang tidak sesuai
  • Banyaknya cache
  • Dan masih banyak yang lainnya

Terus, gimana caranya agar HP tidak lemot? Yuk, simak tips di bawah ini!

Cara Mengatasi HP Lemot

1. Instal aplikasi yang memorinya rendah

Seringkali, kita menginstall aplikasi yang memorinya terlalu besar. Hanya karena aplikasi tersebut ratingnya bagus dan fiturnya lengkap. Padahal, semakin bagus dan komplit fitur sebuah aplikasi, maka memorinya pun semakin besar. Inilah yang menyebabkan HP menjadi lemot.

Maka dari itu, mulai sekarang sadar diri dengan cara menginstall aplikasi yang berkapasitas memori rendah. Kalau kamu benar-benar membutuhkan aplikasi dengan memori besar, ganti dengan HP yang memorinya memadai.

2. Hapus aplikasi tidak penting

Kesalahan kedua yang sering kita lakukan adalah terlalu banyak menginstall aplikasi. Meskipun tidak digunakan, ada beberapa aplikasi yang memakan memori di belakang layar. Jika aplikasi tersebut tidak terlalu penting, sebaiknya dihapus atau diuninstall saja daripada HP kamu menjadi lemot.

3. Install antivirus

HP lemot biasanya disebabkan karena adanya antivirus. Jika permasalahan ini terjadi pada HP kamu, segera lakukan scan menggunakan antivirus yang telah tersedia agar HP kamu kembali normal.

4. Bersihkan cache

Nah, ini dia tips yang jarang sekali digunakan oleh kebanyakan orang, yaitu membersihkan cache HP. Setiap HP pasti memiliki cache atau residu dari sisa-sisa aplikasi yang diuninstall atau dari file-file yang terunduh. Maka dari itu, sebaiknya rutin membersihkan cache agar HP kamu tidak lemot. Setidaknya, minimal sebulan sekali. Atau kalau kamu sering menggunakan HP, seminggu sekali membersihkan cache sudah cukup.

5. Update software

Biasanya, untuk smartphone selalu ada pemberitahuan update software. Jangan abaikan! Segera lakukan update software sesuai perintah. Update software sangat baik untuk HP kamu agar tidak lemot. Karena software terbaru selalu memberikan efek positif pada kinerja HP kamu.

6. Hapus widget tidak penting

Jangan salah, terlalu banyak widget juga bisa bikin HP kamu lemot lho! Oleh sebab itu, jangan terlalu banyak pasang widget. Pasang widget yang penting-penting saja seperti jam, tanggal, dan cuaca.

7. Menonaktifkan auto sync

Namanya saja auto sync, jadi fitur ini akan sering-sering menyikronisasi aplikasi-aplikasi yang ada di HP kamu. Semakin banyak aplikasi yang tersinkronisasi otomatis, akan membuat kinerja HP semakin berat.

8. Melakukan factory reset

Cara terakhir dan paling mudah adalah factory reset yaitu mereset HP kamu ke kondisi awal seperti pertama kali beli. Efeknya, semua data dan aplikasi yang sudah diinstal akan hilang. Maka dari itu, sebelumnya lakukan backup agar data dan aplikasimu dapat dikembalikan lagi.

Nah, itu dia beberapa cara mengatasi HP lemot yang wajib kamu coba. Semoga tips-tips di atas dapat membantu kamu.

6 Cara Mengatasi HP Lag Dengan Cepat

Standupkc – Secanggih-canggihnya HP yang kamu miliki, pasti bisa mengalami lag. Hal ini sangat wajar, karena ada beberapa faktor yang menyebabkan HP menjadi lag....
standupkc
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *