6 Cara Mengatasi HP Lag Dengan Cepat

1 min read

Standupkc – Secanggih-canggihnya HP yang kamu miliki, pasti bisa mengalami lag. Hal ini sangat wajar, karena ada beberapa faktor yang menyebabkan HP menjadi lag.

HP lag, biasanya disebabkan karena hal-hal di bawah ini:

  • RAM kecil. Namun aplikasi yang diinstal terlalu banyak. Masalah seperti ini banyak ditemui pada HP yang memorinya kecil, contohnya HP dengan RAM 500 MB.
  • Cache yang menumpuk. Baik HP dengan RAM kecil atau besar mempunyai cache atau data sementara. Jika cache ini menumpuk, bisa menyebabkan HP lag.
  • Menggunakan aplikasi secara bersamaan. Biasanya terjadi jika aplikasi yang dibuka adalah aplikasi dengan memori besar sedangkan kapasitas RAM kecil.
  • Root yang tidak sempurna. Root yang tidak sempurna tidak hanya menyebabkan HP kamu lag, tapi juga bisa mati total.
  • Adanya virus. Ini permasalahan yang seringkali terjadi. Virus bisa saja datang dari aplikasi yang kamu unduh. Atau dari website yang kamu kunjungi.

Setelah tahu beberapa penyebab HP lag, sudah ada gambaran untuk solusinya? Jika belum, simak informasi di bawah ini.

Cara Mengatasi HP Lag Yang Ampuh

1. Menutup aplikasi yang diakses secara bersamaan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, membuka aplikasi secara bersamaan bisa menyebabkan HP lag. Terlebih lagi jika memori HP kecil. Solusinya, menutup aplikasi yang telah dibuka. Dengan begitu kinerja RAM akan lebih ringan.

2. Menghapus cache aplikasi

Chache atau data sementara harus rutin dibersihkan. Bagaimana cara membersihkannya? Buka menu “setting” kemudian” apps management”. Setelah itu, kamu akan melihat semua aplikasi yang sudah terinstall di HP. Silakan pilih aplikasi yang hendak dihapus cache-nya. Klik, kemudian pilih “storage usage”. Setelah itu, pilih “clear cache”. Lakukan pada semua aplikasi yang terinstall. Biasa terjadi apabila membuka aplikasi slot online

3. Menambah memori eksternal

Cara lain untuk mengatasi HP lag adalah dengan menambah memori eksternal. Memori eksternal ini sangat berguna untuk mencegah HP lag. Terutama untuk kamu yang memiliki HP memori rendah.

Biasanya, memori eksternal digunakan untuk menyimpan foto atau video agar tidak memberatkan memori internal. Saat ini kamu dapat membeli memori eksternal dengan berbagai kapasitas dan harga.

4. Scan menggunakan antivirus

Selain masalah-masalah teknis, HP lag juga bisa disebabkan karena adanya virus. Cara mendeteksi adanya virus atau tidak adalah dengan menggunakan aplikasi antivirus yang sudah tersedia. Sebaiknya, hanya gunakan satu antivirus saja. Sebab, jika terlalu banyak antivirus akan semakin membuat HP kamu lag.

5. Factory reset

Pilihan lain yang bisa kamu lakukan adalah mengembalikan ke keadaan semula seperti pertama kali membeli. Cara ini disebut dengan factory reset. Bagaimana caranya?

Pilih menu setting. Kemudian pilih setelan tambahan. Pilih cadangkan & setel ulang. Lalu kembalikan ke setelan pabrik.

Cara ini bisa anda pilih tapi resikonya semua aplikasi dan data yang sudah ada pada HP akan terhapus. Maka dari itu, untuk mengamankan data-data yang sudah ada, lakukan back up terlebih dahulu.

6. Menghapus aplikasi tidak penting

Terlalu banyak aplikasi yang terinstall bisa membuat HP kamu lag. Apalagi jika aplikasi yang kamu install memorinya melebihi kapasitas memori HP. Sebaiknya install aplikasi yang penting saja. Atau memindahkannya ke perangkat lain seperti laptop atau komputer jika ada versi PC-nya.

Mengatasi HP yang lag sangatlah mudah jika kamu tahu penyebabnya. Sebelum mencoba beberapa cara di atas, identifikasi terlebih dahulu masalahnya. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *